• Jalan Raya Puncak KM 83 - Bogor (Pertigaan Taman Safari Bogor)
  • Hubungi Kami
IGD 24 jam (0251) 8253629
logo-img
Hi, How Can We Help You?
  • Beranda
  • Profile
    • Visi Misi
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Direksi
    • Penghargaan
  • Layanan
    • Layanan Unggulan
    • Rawat Jalan
    • Penunjang
    • Rawat Inap
    • Instalasi Gawat Darurat
  • Berita
    • Pengumuman
    • Artikel
    • Berita
    • Karier
    • Galeri
  • Informasi Publik
    • PPID
    • Pendaftaran Online
    • Jadwal Dokter
    • Tempat Tidur Online
    • Jam Kunjungan Pasien
    • Standar Pelayanan
    • Maklumat Pelayanan
    • Laporan
    • FAQ
  • Diklit
    • Pelatihan
    • Penelitian
    • Sim-epk
    • KINK
    • Jurnal Penelitian
  • Survei dan Aduan
    • Index Kepuasan Masyarakat
      • Q. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)
      • Q. LAKSA (LAyanan Keluhan maSyArakat)
      • Hasil IKM
    • WBS
    • SIAP Kemenkes
    • SP4N Lapor

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

  Home   |   Artikel   |   Details
13May24
Artikel

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

1. PENDAHULUAN

Komunikasi organisasi adalah merupakan pengiriman dan penerimaan berbagai  pesan di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi. Organisasi dibentuk melalui komunikasi Ketika setiap individu didalamnya saling berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan individu dan tujuan bersama. Sedangkan komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi atas kepentingan organisasi. Dalam perspektif komunikasi, gaya dan isi pesan yang dilontarkan seorang pimpinan baik formal maupun informal amat mempengengaruhi umpan balik bawahannya (Top-Down) begitu pula sebaliknya (Botton-Up) serta sesama antar levelisasi (Horizontal).

2. KOMUNIKASI EFEKTIF ORGANISASI

Kondisi proses komunikasi/penyampaian pesan akan memberikan umpan balik (feed back) atau reaksi sehingga pesan tersebut dapat berhasil tersampaikan dan menimbulkan sebuah komunikasi yang efektif dan yang akan membawa pengaruh besar pada efektivitas dan optimalisasi kinerja organisasi atau sebaliknya. Sehingga fokus poinnya adalah sudah menjadi sebuah keharusan dan ketentuan, dalam sebuah organisasi membutuhkan iklim komunikasi yang kondusif yang mampu menciptakan motivasi kerja, etos kerja serta solidaritas internal, sehingga setiap individu pegawai akan merasa bertanggung jawab terhadap tugas pokok dan fungsi pekerjaannya.

Dalam organisasi kerjasama tim merupakan tonggak tercapainya kesuksesan atau keberhasilan dalam setiap agenda program yang dijalankan. Kerjasama tim yang baik dan solid membutuhkan komunikasi yang efektif yang mampu memotivasi bukan sebaliknya. Apabila terdapat kesenjangan dalam proses komunikasi organisasi maka akan berdampak pada persoalan kepercayaan organisasi itu sendiri dan individu pegawai didalamnya.

Untuk mengetahui tingkat efektivitas komunikasi dalam suatu organisasi, maka dibutuhkan audit komunikasi organisasi. Audit komunikasi merupakan suatu kegiatan yang menunjukan bagaimana proses komunikasi organisasi dapat diperiksa, dievaluasi dan diukur secara cermat dan sistematis. Tujuan dilakukan Audit Komunikasi organisasi ini adalah untuk menemukan segala hambatan dan gangguan komunikasi yang terjadi dalam organisasi. Menyampaikan usulan – usulan perubahan yang berkaitan dengan kebijakan – kebijakan komunikasi dan kegiatan – kegiatan di dalam sistem komunikasi serta meningkatkan efektifitas komunikasi internal organisasi.

Selain itu audit komunikasi sangat dibutuhkan untuk mengetahui gambaran proses komunikasi yang telah dilakukan organisasi sebagai dasar menentukan langkah yang akan diambil untuk perubahan dan yang perlu dilakukan untuk selanjutnya. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan yang membawa kemajuan dalam proses komunikasi organisasi itu sendiri, sehingga mampu menciptakan iklim komunikasi yang efektif, kondusif dan berkualitas.

3. PENUTUP

Dengan hasil proses audit komunikasi yang dilakukan oleh team audit komunikasi dapat direkomendasikan beberapa temuan, saran dan harapan kepada pimpinan organisasi yang merupakan nahkoda, dimana komunikasi serta kerjasama tim menjadi kekuatan utama dalam organisasi tersebut, dari beberapa temuan dan saran yang disampaikan oleh tim audit segera dijadikan bahan evaluasi serta peningkatan efektivitas komunikasi dalam organisasi.

Iwan Ridwanullah

Pranata Humas Ahli Muda RSPG Cisarua Bogor

 

Share Post
Previous

3 Replies to “How much aspirin to take for stroke”

  1. comment-img
    Alex February 14, 2019 at 8:41 am

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Laudantium eius, sunt porro corporis maiores ea, voluptatibus omnis maxime

    Reply
  2. comment-img
    Cherieh February 14, 2019 at 8:42 am

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Laudantium eius, sunt porro corporis maiores ea, voluptatibus omnis maxime

    Reply
  3. comment-img
    Alex February 14, 2019 at 8:43 am

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Laudantium eius, sunt porro corporis maiores ea, voluptatibus omnis maxime

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Categories

  • Pengumuman29
  • Artikel4
  • Berita17
  • Karier4

Popular News

  • post-img Apr 23, 2025 Dokter Penyakit Dalam Cuti pada 23 April 2025 sd 2 Mei 2025
  • post-img Dec 10, 2024 UNDANGAN PENGADAAN BARANG DAN JASA PRA DIPA TAHUN 2025 DI LINGKUNGAN RS PARU GOENAWAN PARTOWIDIGDO CISARUA BOGOR
  • post-img Mar 27, 2025 CUTI BERSAMA HARI RAYA NYEPI TAHUN SAKA 1947 DAN hARI RAYA IDUL FITRI 1446H
  • post-img Apr 23, 2025 Grand Opening Mom’s & Baby Treatment Klinik Bima
  • post-img May 08, 2025 CUTI BERSAMA HARI RAYA WAISAK

Kontak Kami

Jalan Raya Puncak KM 83 (Pertigaan Taman Safari Bogor) Desa/Kelurahan Cibeureum,Kec.Cisarua Kab.Bogor Provinsi Jawa Barat Kode Pos 16750

(0251) 8253629

Gawat Darurat (IGD)

(0251) 8253630

Informasi

0812-8000-8649

Pemasaran

info@rspg-cisarua.co.id

E_mail

Terhubung Dengan Kami

Layanan Kami

  • Layanan Unggulan
  • Rawat Jalan
  • Rawat Inap
  • Penunjang
  • IGD

Informasi dan Pendaftaran

  • Pendaftaran Online
  • Jadwal Dokter
  • Info Kamar
  • Jam besuk
  • Informasi Pasien

Layanan Pengaduan

  • WBS
  • SP4N Lapor
  • Layanan Pengaduan
Copyright © RSP Goenawan Partowidigdo. All rights reserved.